السلام عليكم

Jumat, 02 September 2011

IKRAMUL MUSLIMIN

IKRAMUL MUSLIMIN
(MEMULIAKAN SESAMA MUSLIM)
           Yaitu menunaikan perintah-perintah Allah Ta'al yang berkaitan dengan hamba-hamba Allah sesuai dengan cara yang dicontohkan kehormatan setiap individu muslim.

MARTABAT SEORANG MUSLIM

Ayat-ayat Al Qur'an
وَلَعَبۡدٌ۬ مُّؤۡمِنٌ خَيۡرٌ۬ مِّن مُّشۡرِكٍ۬ وَلَوۡ أَعۡجَبَكُمۡ‌ۗ
"Sesungguhnya budak (hamba sahaya) yang mukmin baik dari pada orang musyrik walaupun menarik hatimu." (Qs.Al Baqarah [2]:221)



أَوَمَن كَانَ مَيۡتً۬ا فَأَحۡيَيۡنَـٰهُ وَجَعَلۡنَا لَهُ ۥ نُورً۬ا يَمۡشِى بِهِۦ فِى ٱلنَّاسِ كَمَن مَّثَلُهُ ۥ فِى ٱلظُّلُمَـٰتِ لَيۡسَ بِخَارِجٍ۬ مِّنۡہَا‌ۚ 
 

 "Dan apakah orang yang sudah mati kemudain Kami hidupkan dan Kami berikan kepadanya cahaya yang terang,yang dengan cahaya itu dia dapat berjalan di tengah-tengah manusia,serupa dengan orang yang keadaannya berada dalam gelap gulita yang sekali-kali tidak dapat keliuar darinya?." (Qs.al An'am [23]:18)


أَفَمَن كَانَ مُؤۡمِنً۬ا كَمَن كَانَ فَاسِقً۬ا‌ۚ لَّا يَسۡتَوُ ۥنَ 
 "Maka apakah orang yang beriman itu seperti orang yang fasiq (kafir)?Mereka tidak sama." (Qs.as Sajadah [32]:18)

 
ثُمَّ أَوۡرَثۡنَا ٱلۡكِتَـٰبَ ٱلَّذِينَ ٱصۡطَفَيۡنَا مِنۡ عِبَادِنَاۖ

 
"Kemudian Kitab itu kami wariskan kepada orang-orang yang Kami pilih di antara hamba-hamba Kami." (Qs.Fathir [35]:32)

HADITS-HADITS NABI SAW.

 
(1) Dari Aisyah r.ha berkata,"Rasulullah saw. memerintahkan kami agar memperlakiakn manusia menurut kedudukannya.."(Hr.Muslim dalam kitabnya Muqadhimah Shahih Muslim)
(2) Dari ibnu Abbas r.huma menceritakan,"Pernah Rasulullah saw. melihat Ka'bah,lalu bersabda,"Laa ilaaha illallaah,alangkah indahnya kamu,alangkah harum baumu,dan alangkah besar kehormatanmu! Tetapi kerhomatan seorang mukmin lebih tinggi darimu.Sesungguhnya Allah swt. telah menjadikanmu kehormatan,Dia juga menjadikan harta,nyawa,danharga diri seorang mukmin sebagai sesuatu yang terhormat,dan Dia telah melarang kami berprasangka buruk terhadap seorang mukmin." (Hr.thabrani dalam al Kabiir)
(3) Dari Jabir bin Abdullah r.huma,sesungguhnya Rasulullah saw.bersabda,"Oarang-orang muslim miskin akan masuk surga 40 tahun lebih dulu daripada orang-orang muslim kaya." (Hr.Tirmidzi,bab Dalil bahwa kaum muhajirin yang miskin....,Hadits no. 2355)
(4) Dari Abu Hurairah r.a. berkata,Rasulullah saw. bersabda,"Orang-orang (muslim) yang msikin masik surag setengah hari lebih dulu daripada orang-orang (muslim) kaya.Setengah hari sama dengan 500 tahun (menurut perhitungan dunia)." (Hr.Tirmidzi,katanya,"Ini hadits hasan shahih bab Dalil bahwa kaum muhajirin yang miskin....,Hadits no. 2353) 
      Keterangan : Dalam hadits yang lalu disebutkan bahwa orang muslim yang miskin akan memasuki surga 40 tahun sebelum orang muslim yang kaya,sedangkan menurut hadits ini dikatakan 500 tahun lebih dahulu.Secara lahir,tampak kedua Hadits ini bertentangan,tetapi sebenarnya bisa dikompromikan sebagai berikut:Perbedaan 40 tahin ini adalah bagi orang miskin yang tamak akan harta dan orang kaya yang juga tamak.Sedangkan bagi oarang miskin yanh zuhud perbedaannya 500 tahun daripada orang kaya yang cinta harta.(Jami'ul Ushuul IV/672)
(5) Dari Abudallah bin Amr r.huma,dari Nabi saw.,beliau bersabda,"Kamu sekalian akan dikumpulkan pada harikiamat,lalu ditanyakan,"Mana orang-orang faqir miskin dari umat ini?" Nabi saw. meneruskan sabdanya,"Mendengar pertanyaan itu,maka bagunlah orang-orang miskin.Lalu ditanyakan kepada mereka,Apa yang  perbuat (dengan kemiskinan kalian di didunia)?" Mereka menjawab,"Wahai Rabb kami! Engkau telah menguji kami (dengan kemiskinan),maka lami bersabar,(sementara) Engkau memberikan harta dan kekuasaan kepada orang lain."Allah berfirman,"Kalian berkata benar." Nabi saw.melajutkan sabdanya,"Lalu orang-orang miskin ini masuk surga sebelum manusia lainnya,dan tinggallah para pemilik harta dan kekuasaan yang akan dihisab yang sangat keras." (Hr.Ibnu Hibban)
(6)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar